ACC Leasing : Tidak Ada Penarikan  Paksa Mobil Debitur

Pekanbaru, Detak Indonesia--Staf Recovery Manajemen Officer 2 (Remo 2) Kantor ACC Leasing Pekanbaru Ali menjelaskan bahwa Petugas Objek Jaminan Fidusia (POJF) ACC Leasing Pekanbaru tidak ada melakukan penarikan paksa kendaraan mobil debitur Dafit oleh pihak ACC Pekanbaru, Senin kemarin (21/6/2021).

"Mobil itu disupir sendiri oleh debitur Dafit mulai dari rumah pindahannya yang baru di Jalan Cipta Karya Panam Pekanbaru sampai ke depan Kantor ACC Leasing Jalan Ahmad Yani Pekanbaru," kata Ali Selasa (22/6/2021).

Menurut Ali alamat debitur ini awalnya sudah jelas ada sesuai kontrak. Tapi dia pindah rumah tidak ada pemberitahuan ke ACC. Sehingga pihak petugas POJF ACC kewalahan mencarinya padahal sudah dikasih masa kemudahan restrukturisasi kemarin. Dan ternyata debitur tidak melaksanakan juga kewajibannya.

Peta lokasi Kantor ACC Pekanbaru

Debitur Dafit dihubungi susah. Nomor telepon baru dari ACC dibilangnya tidak masuk ke handponenya itu alasan Dafit. Dafit ditawarkan kemudahan tanggal 10 Juni 2021 di sms ke hp biasanya. Juga tidak ada tanggapan Dafit. Dafit menjelaskan: "Kenapa saya balas karena tidak ada uang".

Kemudian menurut Ali pihak ACC mengeluarkan surat tugas kepada POJF untuk mencari keberadaan Dafit karena sudah pindah alamat.

Setelah ketemu dengan Dafit di Jalan Cipta Karya Panam Pekanbaru pihak petugas POJF menyampaikan secara baik-baik maksud kedatangan tim agar Dafit ke Kantor ACC menyelesaikan tunggakannya 6 bulan. 

Mobil leasing yang ditarik ACC dari debitur nunggak

Mobilnya di depan tim di belakang. Tim minta diselesaikan kewajiban tungggakan 6 bulan. Ajak ke dalam Kantor ACC jumpai petugas ACC untuk menyelesaikan tunggakan 6 bulan. Manajemen ACC menjelaskan keluhan dan kemudahan dari ACC.

Debitur berjanji akan menyelesaikan, tapi ACC sudah bosan dengan janji debitur. Pihak manajemen ACC menyampaikan kalau tak diselesaikan tunggakan mobil maka mobil dititip di Kantor ACC dulu. Di situlah debitur keluar kantor mau pergi di situlah mobilnya dipepet agar debitur tidak pergi membawa mobil leasingnya.

Menurut Ali bahwa Dafit sudah dapat keringanan tapi sudah habis program dia minta lagi tak bisalah karena sudah habis programnya.

Mobil debitur nunggak 6 bulan diamankan di Polsek Sukajadi Pekanbaru Riau Selasa (22/6/2021)

"Petugas Objek Jaminan Fidusia (POJF) ACC Pekanbaru bukan debt collector, semua ada sertifikasi. Tidak ada tarik paksa karena ada SOP sesuai prosedur. Kunci kontak masih sama debitur hingga saat ini," jelas Ali dkk.

Menurut Ali bila debitur tidak melunasi tunggakannya, maka mobil leasingnya ditarik ke kantor ACC. Mulai mobil di dalam kantor ACC pihak ACC akan menyurati kesanggupan debitur untuk melunasi tunggakan 6 itu. Bila tujuh hari setelah surat dilayangkan tidak sanggup juga melunasi tunggakan, maka mobil akan dilelang.(azf)


Baca Juga